Sejarah Desa

Sejarah Desa

Kole Barebatu adalah salah satu Lembang dalam wilayah Kecamatan Malimbong Balepe’. Kole Barebatu adalah merupakan pemekaran dari Malimbong dan merupakan kumpulan beberapa kampung, diantaranya (1) Parappo, (2) Tammuan, (3) Barana’, akan tetapi karena luas wilayah dari Dusun Parappo agak luas dan memiliki penduduk yang banyak maka agar pemerintahan lebih dimaksimalkan maka berdasarkan usulan dari masyarakat agar di mekarkan menjadi 2 (dua) dusun, dan usulan masyarakat ini akan diteruskan ke pihak yang terkait agar rencana pemekaran Dusun Parappo menjadi Dusun Parappo dan Dusun Bae ini bisa terlaksana.

Pada saat Lembang Kole Barebatu telah berdiri sebagai Lembang definitif, yang menjabat sebagai Kepala Lembang yang pertama yang bertindak sebagai karteker adalah Anton Tangdiesak, staf Kecamatan Malimbong Balepe’. Pada Juni 2007 diadakan pemilihan langsung untuk memilih Kepala Lembang definitif yang terpilih sebagai Kepala Lembang Kole Barebatu adalah Daniel Duma’, SH. sebagai Kepala Lembang Kole Barebatu periode 2008 – 2014.

Pada bulan Juni 2015 dilaksanakan pemilihan Kepala Lembang Kole Barebatu yang kedua, dan Agustinus Kala’ Lintin, ST. terpilih menjadi Kepala Lembang Kole Barebatu periode 2015 – 2021.

Lembang Kole Barebatu terdiri dari 3 (tiga) wilayah atau dusun yang dikepalai oleh kepala dusun, masing-masing yaitu:

  • Dusun Parappo
  • Dusun Tammuan
  • Dusun Barana’

Lembang Kole Barebatu sebagai kawasan pintu gerbang masuk ke Kecamatan Malimbong Balepe’ dari arah Timur.

Lembang Kolebarebatu dihuni oleh penduduk sejumlah 823 jiwa dan 230 kepala keluarga yang tersebar di 3 (tiga) dusun. Penduduk Lembang Kole Barebatu umumnya adalah suku Toraja dimana mayoritas penduduknya memeluk agama Nasrani dan sebagian memeluk agama Islam.

Mata pencaharian masyarakat di Lembang Kole Barebatu adalah bertani, wiraswasta, PNS. Namun sekitar 60% masyarakat bermata pencaharian bertani khususnya mengelola lahan persawahan yang didukung oleh lahan yang tersedia namun merupakan lahan tadah hujan. Masyarakat Lembang Kole Barebatu terus memfokuskan pengembangan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama.

Demografi

Lembang Kole Barebatu terletak di sebelah Timur Kecamatan Malimbong Balepe’ yang berbatasan dengan Kelurahan Rembon, dan terletak 5 Km dari kantor Kecamatan Malimbong Balepe’.

Kondisi iklim di Lembang Kole Barebatu seperti di daerah lain di Indonesia pada umumnya terdiri dari 2 (dua) musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada bulan Nopember sampai bulan Juni terdapat musim hujan, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan Juli sampai dengan Oktorber. Kondisi iklim ini juga berpengaruh pada pola tanam dan jenis komoditi pertanian yang dikembangkan masyarakat.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk yang menetap di Lembang Kole Barebatu sebanyak 823 jiwa (data profil Lembang tahun 2015), tersebar dalam 3 (tiga) dusun, yaitu Parappo, Tammuan dan Barana’.

Selengkapnya data penduduk masing-masing Dusun secara rinci dalam tabel berikut:

KK/Jenis KelaminParappoTammuanBarana'Jumlah
Jumlah KK1317326230
Laki-Laki21013739386
Perempuan22614269437

Pendidikan

Tingkat pendidikan masyarakat Lembang Kole Barebatu adalah sebagai berikut:

Pra SekolahSDSMPSLTASarjan
8925612622894

Mata Pencaharian

Masyarakat Lembang Kole Barebatu mayoritas hidup dari bertani, khususnya mengelola sawah dan berkebun kopi serta coklat. Hanya sebagian kecil yang berprofesi sebagai pedagang, pengrajin, perbengkelan, wiraswasta dan pegawai negeri.

Selengkapnya data jenis mata pencaharian penduduk Lembng Kole Barebatu dapat dilihat dalam tabel berikut:

PetaniPedagangPNSBuruhSwastaHonorer
1394053506240